RESUME ANTI-KORUPSI Film anti-korupsi  

Posted by Ayub Wahyudi in

Pemutaran film korupsi yang mengambil latar belakang Nigeria terdiri dari 2 film dengan pembawaan yang singkat namun jelas. Adapaun synopsis dari kedua film tersebut yaitu :

  1. Film pertama berlatar di sebuah rumah sakit. Di rumah sakit ini menyediakan obat gratis bagi masyarakat tapi ternyata obat-obat itu diselundupkan untuk kemudian dijual di apotek-apotek dengan harga yang sangat tinggi. Para pelaku penyelundupan ini adalah para dokter dan pejabat rumah sakit tersebut. Mereka melakukannya dengan tujuan untuk memperkaya diri mereka. namun ada seorang dokter idealis yang berusaha untuk tidak terlibat tapi dia juga sedang mengalami dilema karena istrinya hamil dan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Dilemanya adalah saat dia memilih untuk terlibat maka dia melanggar idealismenya tapi biaya kelahiran anaknya akan terpenuhi namun jika dia memilih untuk tidak ikut maka dia akan menjaga idealismenya tapi dia akan kesulitan memenuhi biaya kelahiran anaknya nanti bukan itu saja dia juga akan terancam untuk dipindahkan dari rumah sakit itu ke rumah sakit lain yang jauh dari istrinya.

  2. Film kedua berlatar pada departemen pendidikan. Departemen ini bertugas untuk mendata jumlah sekolah, guru dan murid yang ada tapi ternyata data-data tersebut di rekayasan dengan jumlah yang sangat berlebihan. Data tersebut bisa dua kali lipat jumlahnya dari pada data yang sebenarnya yang ada dilapangan. Semua itu dilakukan agar gaji guru dan subsidi pendidikan bisa menjadi lebih besar dan akhirnya uang untuk data palsu bisa digunakan untuk kepentingan pribadi dan instansi tersebut. Bisa diambil kesimpulan bahwa semua orang didalam instansi tersebut terlibat kecuali satu orang laki-laki, dia menemukan kejanggalan saat dia mengetik data-data tersebut dan dia tahu ini salah tapi dia juga mengalami dilema. Pertama saat dia melaporkan hal ini kepada pimpinannya, dia hanya diberitahu agar tidak terlalu ikut campur. Dia bahkan di ajak bergabung. Belum lagi masalah kemiskinan yang membuatnya semakin tidak kuat menahan godaan.

Kedua film ini diakhiri dengan 2 ending yang berbeda, yaitu :

  1. Kedua pemeran ikut melakukan korupsi

  2. Kedua pemeran mengungkap kasus tersebut.

Analisis film

Latar belakang kedua berada di Nigeria Negara yang memiliki tingkat korupsi yang tinggi, lebih tinggi dari Indonesia. Kedua film ini berusaha menunjukkan dua hal :

  1. Dalam Negara yagn penuh koruptor ternyata masih ada orang yang tidak tertarik dan tidak ingin melakukan korupsi. Hal berdasarkan pada CPI orang tersebut. dia telah memiliki kesadaran akan akibat korupsi. Rasa lelah dan eneg terhadap korupsi membuat mereka tidak ingin melakukan kesalahan.

  2. Melakukan korupsi bukanlah berasal murni dari niat dalam diri tiap manusia tapi dari kesempatan dan keadaan yang terus menghantam ideology anti korupsi tersebut, antara lain kemiskinan dan kebutuhan yang berlebihan.

Kesimpulannya, film ini memberikan gambaran tentang faktor-faktor yang harus di perhitungkan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam rangka pemberantasan korupsi. Khususnya di Indonesia yang memiliki situasi dan kondisi ekonomi dan sosial yang sama sebagai Negara berkembang.

This entry was posted at 7/26/2010 10:17:00 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Poskan Komentar