REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM MEDIA ISLAMI (Analisis wacana pada Surat Kabar Republika)  

Posted by Ayub Wahyudi in


REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM MEDIA ISLAMI
(Analisis wacana pada Surat Kabar Republika)





Oleh:
Ayub Wahyudi
209000012




Ilmu Komunikasi
Universitas Paramadina
2011/2012
Abstrak
Media tidak hanya sekedar menjadi alat ideologisasi pada khalayak yang digunakan oleh institusi lain. Akan tetapi, media juga mempunyai ideologi sendiri. Ideologi ini mempengaruhi konten-konten yang terdapat sebuah media, baik pada media cetak dan elektronik. Salah satunya adalah media islami. Media islami adalah media yang menyajikan konten-konten bernuansa islam. Menurut SIUPP, ada 13 media islami di Indonesia, salah satunya Surat Kabar Republika. Seperti media lainnya, Republika berperan untuk menghadirkan konten-konten yang akan disajikan pada khalayak, termasuk konten tentang perempuan. Representasi adalah kemampuan media sebagai pemilik ideologi. Konten tentang Perempuan dapat di representasi kan oleh media manapun, termasuk Republika. Untuk dapat melihat representasi yang dilakukan oleh republika, kita akan melakukan Analisis wacana. Analisis ini digunakan untuk melihat apakah Surat Kabar Republika melakukan representasi terhadap perempuan dalam ideologi islam atau malah menghadirkan representasi perempuan dalam konteks komersil yang berbeda dari ideologi islam dan nama media islami hanya sebuah nama.

Kata kunci: ideologi media, ideologi islam, media islami, Surat Kabar Republika, Representasi Perempuan, Analisis Wacana.

PENDAHULUAN
Wacana tentang ketidaksetaraan gender merupakan hal yang baru dan masih hangat untuk diperbincangkan. Wacana ini membahas tentang bagaimana sebuah ketidaksetaraan gender dapat terjadi. Secara umum gender dapat diartikan sebagai peran yang dimiliki oleh perempuan dan laki-laki dalam masyarakatnya. Misalnya, dalam masyarakat umum di Indonesia. Laki-laki selalu dikaitkan dengan peran pencari nafkah diluar rumah sedangkan Perempuan selalu dikaitkan dengan peran domestik, seperti menjaga rumah dan merawat anak. Kedua perbedaan diatas terjadi karena konstruksi sosial pada masyarakat umum Indonesia itu sendiri, hal tersebut sering dianggap tidak adil karena menghambat kaum wanita. Konstruksi ini dianggap mengurung wanita dan mengambil kebebasannya. Konstruksi ini terbentuk, tidak hanya oleh masyarakat itu sendiri tetapi media massa juga berperan dalam terbentuknya wacana ini.
Sejarah media adalah sejarah pesan dalam kurun waktu dan ruang tertentu. Menurut McLuhan, medium is the message (media adalah pesan). Jika media adalah pesan itu sendiri maka semua isi pesan dari media tersebut akan sama dengan sifat dari media itu sendiri. Semua informasi akan sebuah realitas yang ada akan sama dengan bagaimana media itu melihat dan menciptakan realitas. Dengan kata lain ideologi sebuah media akan berpengaruh kepada konten-konten yang disampaikannya kepada khalayak. Dengan demikian khalayak akan melihat realitas yang sesuai dengan realitas media itu sendiri.

SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA: MEDIA ISLAM
Media massa terdiri dari cetak dan elektronik. Dalam bentuk cetak, kita dapat melihat jenis-jenis media massa; buku, surat kabar, majalah, poster dan lain-lain. Diantara media cetak tersebut, Surat kabar merupakan salah satu media penyampai pesan yang mempunyai daya jangkau luas dan massa (Kasali, 1992). Hal ini membuat surat kabar menjadi media untuk menyampaikan sebuah ideologi denganh efektif, baik ideologi media itu sendiri ataupun ideologi institusi lain yang menggunakan surat kabar sebagai penyebar ideologi.
Surat kabar sebagai sebuah institusi mempunyai ideologi. Masing-masing surat kabar mempunyai ideologinya masing-masing. Ideologi ini mempengaruhi konten-konten yang akan disampaikan ke khalayak. Dalam konteks nasional, dari sekitar 275 pemilik SIUPP di Indonesia, hanya ada 13 SIUPP yang mengatasnamakan dirinya sebagai media islam, salah satunya adalah Republika1. Republika adalah koran nasional yang dilahirkan oleh kalangan komunitas muslim bagi publik di Indonesia. Penerbitan tersebut merupakan puncak dari upaya panjang kalangan umat Islam, khususnya para wartawan profesional muda yang dipimpin oleh ex wartawan Tempo, Zaim Uchrowi yang telah menempuh berbagai langkah. Kehadiran Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang saat itu diketuai BJ Habibie dapat menembus pembatasan ketat pemerintah untuk izin penerbitan saat itu memungkinkan upaya-upaya tersebut berbuah. Republika terbit perdana pada 4 Januari 1993. PT Abdi Bangsa selanjutnya menjadi perusahaan induk, dan Republika berada di bawah bendera PT Republika Media Mandiri, salah satu anak perusahaan PT Abdi Bangsa. Di bawah bendera Mahaka Media, kelompok ini juga menerbitkan Majalah Golf Digest Indonesia, Majalah Parents Indonesia, stasiun radio Jak FM, radio Gen FM, Delta FM, FeMale Radio, Prambors, Jak tv, dan Alif TV. Walau berganti kepemilikan, Republika tak mengalami perubahan visi maupun misi2. Visi dan Misi surat kabar Republika3:
  1. Visi
    Menjadikan Republika sebagai koran umat yang terpercaya dan mengedepankan nilai-nilai universal yang sejuk, toleran, damai, cerdas, dan profesional, namun mempunyai prinsip dalam keterlibatannya menjaga persatuan Bangsa dan kepentingan umat Islam yang berdasarkan Rahmatan Lil Alamin.
  2. Misi
    1. Menciptakan dan menghidupkan sistem manajemen yang efisien dan efektif, serta mampu dipertanggungjawabkan secara profesional.
    2. Meningkatkan budaya kerja yang sehat dan transparan.
    3. Meningkatkan kinerja dengan menciptakan sistem manajemen yang kondusif dan profesional.
    4. Meningkatkan penjualan iklan dan koran, sementara menekan biaya operasional.
    5. Memprioritaskan pengembangan pemasaran Republika di jabodetabek, tanpa harus mematikan di daerah yang sudah ada.
    6. Merajut tali persaudaraan dengan organisasi-organisasi Islam di Indonesia.
    7. Bekerja sama dengan mitra usaha di dalam pengembangan pasar Republika di luar pulau jawa.
    8. Mengamati peluang pengembangan ”KORAN KOMUNITAS”Menjadikan PT.
    9. Republika Media Mandiri sebagai ”sister company” yang sehat
Namun harus diakui, ada perbedaan gaya dibandingkan dengan sebelumnya. Sentuhan bisnis dan independensi Republika menjadi lebih kuat. Karena itu, secara bisnis, koran ini terus berkembang. Republika menjadi makin profesional dan matang sebagai koran nasional untuk khalayak, khususnya komunitas muslim4.

REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM REPUBLIKA: IDEOLOGI ISLAM V.S IDEOLOGI MEDIA
Sebagai salah satu media islam. Republika memang selayaknya menyajikan konten-konten dengan wacana islami, meskipun dalam perkembangannya koran ini mulai menyajikan hal yang berbeda. Harapan terbesar adalah media ini mampu menyampaikan ideologi islam yang mereka usung agar islam lebih menjadi sekedar agama yang rigid dan ekslusif tapi tetap terjaga agar tidak menyimpang menuju pengaruh ideologi media yang saat ini cenderung kapitalis.
Ideologi dapat dihubungkan dengan konsep pandangan terhadap dunia, sistem kepercayaan dan nilai-nilai. Ideologi menjadi dasar dari semua tindakan. Perbedaan ideologi islam dan media terletak dari dasar muculnya ideologi tersebut. Ideologi islam berasal dari Al-Qur'an dan Hadis sedangkan ideologi media berasal dari pemilik media tersebut dan kepentingannya.
Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese (1996), dalam Mediating The Message: Theories of Influences on Mass Media Content, menyusun berbagai faktor yang mempengaruhi konten media5. Konten Media dipengaruhi oleh lima tataran;
  1. Faktor individual.
  2. Rutinitas media,
  3. Organisasi.
  4. Ekstra media.
  1. Ideologi,
Raymond William mengklasifikasikan penggunaan ideologi tersebut dalam tiga ranah6.
  • Sebuah sistem kepercayaan yang dimiliki oleh kelompok atau kelas tertentu.
  • Sebuah sistem kepercayaan yang dibuat –ide palsu atau kesadaran palsu- yang biasa dilawankan dengan pengetahuan ilmiah.
  • Proses umum produksi makna dan ide.
Ideologi dapat dihubungkan dengan konsep pandangan terhadap dunia, sistem kepercayaan dan nilai-nilai. Ideologi menjadi dasar dari semua tindakan. Perbedaan ideologi islam dan media terletak dari dasar muculnya ideologi tersebut. Ideologi islam berasal dari Al-Qur'an dan Hadis sedangkan ideologi media berasal dari pemilik media tersebut dan kepentingannya. Dengan demikian ideologi Islam dan ideologi media akan berbeda dalam menyampaikan sebuah relaitas, salah satunya adalah tentang perempuan.
Republika menjadi sebuah media islam yang seharusnya menampilkan konten-konten tentang perempuan dalam tataran ideologi islam. Baik secara defenisi, peran sosial ataupun gaya hidup. Informasi tersebut sangatlah penting bagi khalayak, khususnya umat muslim. Dengan demikian umat muslim, khususnya wanita atau bahkan khalayak umum bisa lebih memahami perempuan dalam islam. Akan tetapi, ketika mengkaji lebih jauh lagi hal ini tersebut tidak terjadi secara efektif. Yang terjadi adalah Republika melakukan representasi perempuan dalam tatanan ideologi media. Hal dapat kita analisa dengan pendekatan analisis wacana terhadap republika.

ANALISIS WACANA: PEREMPUAN REPUBLIKA
Analisis wacana adalah studi tentang struktur pesan dalam komunikasi. Lebih tepatnya lagi, analisis wacana adalah telaah mengenai aneka fungsi (pragmatik) bahasa. Analisis wacana adalah salah satu alternatif analisis isi yang lebih menekankan pada pertanyaan how (bagaimana) pesan itu disampaikan7. Dalam melihat representasi perempuan dalam Republika sebagai media islam, pesan atau informasi tentang perempuan disampaikan dengan harapan bahwa konten-konten tersebut mengikuti ideologi islam. Stuart Hall dalam buku Representation: Cultural Representation and Signifying Practice
mengemukakan adanya dua sistem representasi. Pertama, mental representation, yaitu “meaning depens
on the system of concept and images formedin our thoughts which can stand for or ‘represent’ the world, enabling us to refer to things both inside and outside our heads”. Kedua, makna yang bergantung pada konstruksi
sebuah set korespondensi antara peta konseptual kita, dan sebuah set tanda, bahasa, yang
merepresentasikan konsep-konsep tersebut. Junaidi dalam tulisan The Body Shop: Representation and
Identities, mengatakan proses yang menghubungkan ‘things, concept dan sign’ tersebut diberi nama
representation8. Representasi, pada media massa, biasanya merupakan konsep yang berada pada ranah penggunaan ideologi—bahwa ideologi adalah sebuah sistem kepercayaan palsu-ide palsu atau kesadaran palsu. Akan tetapi pada konteks media islam, ideologi berada pada ranah penggunaan sebagai sebuah sistem kepercayaan yang dimiliki oleh kelompok atau kelas tertentu, yang kemudian disebarkan kepada khalayak lewat media. Representasi perempuan yang dihadirkan oleh media massa sering terkait pada citra seorang perempuan. Tamrin Amalgola mengkategorikan citra perempuan pada iklan di media massa sebagai berikut9:
  1. Citra Pigura: Perempuan sebagai sosok yang sempurna dengan bentuk tubuh ideal
  2. Citra Pilar: Perempuan sebagai penyangga keutuhan dan penata rumah tangga
  3. Citra Peraduan: Perempuan sebagai objek seksual
  4. Citra Pinggan: Perempuan sebagai sosok yang identik dengan dunia dapur
  5. Citra pergaulan: perempuan sebagai sosok yang kurang percaya diri dalam pergaulan.
Citra perempuan diatas dapat mewakili bagaimana media massa merepresentasikan perempuan sebagai sebuah konstruksi realitas pada tatanan ideologi media. Berbeda dengan Republika. Sebagai media islam maka ideologi islam yang mereka usung menjadikan mereka unik. Republika menjadi sumber informasi alternatif bagi khalyak, khususnya umat muslim. Akan tetapi, sebuah pertanyaan muncul, apakah Republika dapat menjadi alternatif bagi perempuan. Khususnya representasi terhadap perempuan itu sendiri.
Analisi wacana yang dapat kita gunakan adalah kerangka analisis wacana yang dikembangkan oleh van Dijk10. Dia melihat bahwa wacana terdiri dari tingkatan-tingkatan, yaitu:
  1. Struktur makro; melihat topik yang diangkat dalam sebuah wacana, baik dari segi sisi atau pun isi.
  2. Superstruktur; melihat kerangka wacana, bagaimana sebuah teks disusun.
  3. Struktur mikro; melihat wacana dengan menganalisa setiap kata, frasa, kalimat hingga paragrap.
Dari setiap tingkatan-tingkatan ini, terbentuk enam elemen wacana yang digunakan untuk menganalisa wacana, yaitu:
  1. tematik; melihat inti dari sebuah wacana.
  2. skematik; bagaimana susunan sebuah wacana dibuat.
  3. semantik; melihat makna yang terkandung dalam sebuah wacana.
  4. sintaksis; melihat bagimana kata-kata pada wacana disusun.
  5. stilistik; melihat gaya bahasa sebuah wacana.
  6. retoris; melihat gaya penyampaian sebuah wacana.
Dari beberapa elemen tersebut kita hanya akan menggunakan dua elemen penting dalam melakukan analisa terhadap representasi perempuan pada Republika; yaitu elemen Tematik dan skematik.
  • Tematik
kata tematik diambil dari kata tema. Tema sendiri sering disamakan dengan topik. Elemen ini selalu akan melihat apa tema atau topik dari sebuah wacana. Elemen digunakan untuk melihat apakah Republika mempunyai topik tentang perempuan dalam konten-kontennya dan seberapa banyak topik tersebut dimunculkan
  • Skematik
kalo tema atau topik merujuk pada makna umum sebuah wacana maka skematik lebih menekankan pada bentuk umum sebuah teks. Skema sebuah dapat memberikan gambaran tentang bagaimana representasi perempuan ditempatkan dalam Republika.
Kedua elemen ini akan menunjukkan representasi perempuan dalam Republika.
Republika adalah media cetak islam yang terbit setiap hari dengan 28 halaman. Jumlah Oplah berkisar pada angka 60.000. Angka ini tergolong kecil untuk hitungan nasional bagi sebuah media cetak tapi cukup berhasil bagi hitungan sesama media islam. Republika terdari rubrik-rubrik berita yang bervariatif, yaitu:
  1. Halaman depan
  2. Berita Nasional
  3. Opini
  4. Didaktika
  5. Berita Utama
  6. Berita Internasional
  7. Zakat
  8. ProKontra
  9. Publik
  10. Republika
  11. Ekonomi
  12. Industri
  13. Syariah
  14. Class_Ad
  15. Sepak Bola
  16. Arena
  17. Kabar Jabodetabek
  18. Teraju
  19. Bincang Bisnis
  20. Gen:i
  21. Keuangan.
Melihat jumlah dan jenis rubrik, Republika telah berupaya untuk memasukkan semua informasi sesuai dengan kebutuhan khalayak. Akan tetapi, dalam elemen tematik, tidak ada rubrik khusus untuk perempuan. Hal ini menandakan bahwa representasi perempuan dalam Republika kurang diwadahi. Keberadaan Rubrik Wanita hanya diwadahi pada media online saja. Secara skematik, hal ini merupakan ntindakan yang mempunyai nilai kurang dan lebih. Kelebihannya dari sifat online aadalah untuk menutupi kekurangan oplah. Akan tetapi, kekurangannya lebih bersifat merugikan terhadap representasi perempuan. Rubrik wanita hanya ada di media online sehingga mereka yang membaca adalah mereka yang punya akses terhadap internet padahal tidak semua pembaca Republika khususnya muslim mempunyai akses yang sama. Analisa wacana sederhana ini menunjukkan bahwa ternyata Republika tidak melakukan representasi terhadap perempuan dalam pemahaman ideologi islam. Bahkan tidak sedikitpun dari konten-konten mereka merepresentasikan perempuan.

KESIMPULAN
Representasi perempuan dalam media adalah langkah untuk membentuk ideologi tentang media itu sendiri, baik sebagai sebuah sistem kepercayaan yang telah ada ataupun sebuah bentuk kesadaran palsu. Republika sebagai media islam, memiliki konten-konten yang merupakan sebuah alternatif bagi khalayak, khususnya Khalayak muslim. Konten-konten mereka memang sangat mengandung ideologi islam—ideologi islam sebagai sebuah sistem kepercayaan yang telah ada. Akan tetapi, Republika melupakan sebuah wacana yang sangat penting, yaitu perempuan. Dalam rubrik mereka, wacana tentang perempuan tidak terlalu mendapat prioritas. Sehingga representasi perempuan secara islami tidak mendapatan tempat.
Sebagai media islam, Republika selayaknya menjadi sebuah media alternatif bagi semua khalayak, khususnya muslim. Kata semua berarti semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi, Republika menunjukkan sebuah tindakan yang seharusnya terlarang bagi sebuah media alternatif; yaitu mengikuti jalur mainstream. Mengabaikan wacana tentang perempuan berarti mengikuti ideologi media masinstream. Padahal, Republika mempunyai kesem[atan menjadi media alternatif yang menjalankan berbagai fungsi media, salah satunya media pendidikan atau sosialisasi. Dengan demikian khalayak perempuan muslim dan khalayak perempuan secara umum akan menadapatkan pengetahuan. Bagi perempuan muslim, pengetahuan tentang dunia diluar Islam. Bagi perempuan umumnya, pengatahuan tentang Islam itu sendiri, khususnya tentang perempuan muslim.

DAFTAR PUSATAKA
  1. Eriyanto (2009). Analisis Wacana: Pengantar Teks Media. Yogyakarta: LkiS.
  2. Ibrahim, Idi Subandy dan Malik, Dedy Djamaluddin (Ed.) (1997). Hegemoni Budaya. Yogyakarta: Bentang Budaya.
  3. Shoemaker, Pamela J. dan Reese, Stephen D. (1996). Mediating The Message: Theories of Influences on Mass Media Content . New York: Longman.
  4. Sobur, Alex (2009). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik Dan Analisis Framing. Bandung: Rosda.
  5. Tanesia, Ade “representasi Perempuan Dalam Media”, Kombinasi.
  6. Wiratmo, Liliek Budiastuti dan Gifari, Mochamad. “Representasi Perempuan Dalam Majalah Wanita”, Yin Yang, No. 1/III, Januari-Juni 2008.
1 Lih. Dedy Djamaluddin Malik, “Media Islam: Media Pinggiran,” dalam Idi Subandy Ibrahim dan Dedy Djamaluddin Malik (Ed.), Hegemoni Budaya (Yogyakarta: Bentang Budaya, 1997), hlm. 46
5Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese, Mediating The Message: Theories of Influences on Mass Media Content (New York: Longman, 1996).
6Lih. Eriyanto, Analisis Wacana: Pengantar Teks Media (Yogyakarta: LkiS, 2009), hlm. 104
7Lih. Alex Sobur, Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik Dan Analisis Framing (bandung: Rosda, 2009), Hlm. 68-72
8Lih. Liliek Budiastuti Wiratmo dan Mochamad Gifari, “Representasi Perempuan Dalam Majalah Wanita
”, Yin Yang, No. 1/III, Januari-Juni 2008.
9Lih. Ade Tanesia, “representasi Perempuan Dalam Media”, Kombinasi, Hlm. 2
10Lih. Alex Sobur, Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik Dan Analisis Framing (bandung: Rosda, 2009), Hlm. 73-84


download di:
http://www.scribd.com/doc/92053943?secret_password=6xwx6qamzy6opidocom

This entry was posted at 5/02/2012 02:33:00 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar